Awal Untuk Memulai, 2014

Masih tanggal 3 Januari 2014, masih terasa udara segar tahun baru. Di kantorpun masih banyak yang memperpanjang cuti. Jadi tak ada salahnya saya mulai menulis lagi blog yang sebetulnya sudah diregister lama ini, tetapi dibiarkan kosong melompong.

Tahun 2014, apa saja ya yang perlu dituangkan di sini? Yang klasik sih kita bikin resolusi awal tahun. Tapi pengalaman2 sebelumnya, resolusi ini hanya menjadi pelengkap atau gaya hidup di awal tahun tanpa hasil dan evaluasi yang jelas. Penyebabnya? kalau saya pikir sih ada 2 penyebab utama, pertama kurangnya determinasi atau tekad untuk mewujudkan resolusi itu, kedua tidak membuat langkah-langkah perencanaan yang jelas. Memang untuk membuat perencanaan yang jelas itu sulit, karena kalau goal nya saja gak pasti dan masih ngambang, bagaimana mau bikin rencana dan program nya? Selain itu, penyakit takut bila gagal lalu kecewa juga menghantui. pikiran.

Sekarang saatnya benar-benar berubah. Semua ketakutan harus diabaikan. Jangan melakukan usaha yang sama tapi berharap hasil yang berbeda. Mimpi untuk tahun ini adalah membangun bisnis, dan saya bertekad untuk mewujudkannya. Setidaknya sudah ada beberapa langkah yang sudah saya lakukan; membeli domain dan hosting, mencari tempat lokasi usaha, survey supplier barang, menulis artikel di blog dengan topik spesifik, dan banyak belajar dari mana saja.

Ini memang bukan pilihan yang mudah, mungkin banyak orang dekat saya akan bertanya-tanya, kenapa harus melakukan itu? pertanyaan seperti ini pasti muncul dari mereka yang sudah sangat menikmati zona nyaman sebagai karyawan. Untuk menguatkan tujuan menjadi pengusaha, saya harus berkumpul dengan mereka yang memiliki mental wirausaha. Tapi dengan kondisi saat ini ada di lingkungan kantor yang notabene berkumpul dengan mereka yang menikmati 'comfort zone', kita harus membuka jalinan pertemanan yang lain. Untuk sementara karena keterbatasan waktu mengikuti berbagai acara kumpul-kumpul seperti di komunitas TDA, biarlah saya belajar dan berkumpul dengan teman-teman dari komunitas dunia maya dahulu. Ilmu dari internet, twitter, dan blog yang saya follow banyak yang sangat mendukung misi dan mimpi saya untuk berwirausaha.

Dimulakan dengan Bismillah, semoga awal tahun ini menjadi langkah dan waktu yang diridhai Allah untuk menggapai mimpiku.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MM UGM Jakarta

Tanjung Keluang

Taman Nasional Tanjung Puting